Sabtu, 13 Oktober 2012

E-business dan e-commerce


E-business
E-business adalah suatu kegiatan bisnis di dunia maya atau internet yang bukan saja merupakan sebuah kegiatan pembelian ataupun penjualana, teyapi pelayanan pelanggan ataupun kerja sama yang terjalin melalui situs internet.
Implementasi aplikasi e-business bertujuan untuk mengefisiensikan dan mempercepat proses I-xchange. I-xchange merupakan bisnis kolaborasi satu perusahaan ke perusahaan yang lain melalui mata rantai informasi. Melalui aplikasi ini perusahaan dapat mengatur portalnya dan mengirim informasi secara cepat dan tepat sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan, misalnya laporan keuangan perusahaan. Xchange merupakan layanan yang menyediakan solusi aplikasi kolaborasi bisnis yang meliputi enterprise reporting, portal, analytical application dan messaging.

Definisi E-Business
Begitu banyak definsi tentang e-bisiness yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah bebrapa di antaranya:
a. E-business meliputi semua hal yang harus di lakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ICT untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L.Huff.dkk.2000. Cases in electronic Commerce, McGraw-Hill)
b. E-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
c. E-business adlah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet atau penggunaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan dari suatu bisnis.

Berdasarkan beberapa definisi e-business yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang yaitu: pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatanyang menjadi sasaran, tujuannya dan keuntungan yang diberikan. Hasilnbya adalah sebagai berikut:

a. Pelaku E-business:
Organisasi, konsumen, perusahaan, supplier, pekerja dan rekan bisnis

b. Alat/Media/Sumber Daya yang digunakan
1. Teknologi informasi dan komunikasi
2. Komputer(data yang telah terkomputerisasi)
3. Internet

c. Kegiatan Sasaran
1. Kegiatan bisnis
2. Proses bisnis utama
3. Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi

d. Tujuan
1. Koordinasi, komunikasi dan pengelolaan organisasi
2. Transformasi proses bisnis
3. Sharing informasi

e. Keuntungan
1. Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
2. memberikan nilai bisnis yang berbeda
3. Efisien
4. Peningkatan produktivitas dan keuntungan

MANFAAT e-business
Tujuan implementasi e-business adalah mendukung efisiensi dan integritas pengolahan data sumber daya manusia, keuangan, supply chain management / Logistic management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, system ini dapat diakses di mana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat implementasi e-Business adalah :
§ Meningkatkan kerja operasional perusahaan,
§ Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas.
§ Meningkatkan efisiensi perusahaan
§ Mempermudah pengelolaan asset perusahaan
§ Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan
§ Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
§ Mengatasi kesenjangan digital
§ Media mempromosikan kompetensi perusahaan
§ Memperlancar kegiatan ekonomi
§ Memperlancar transaksi bisnis
§ Sarana penyebaran informasi secara luas Dll.



Konsep E-commerce
E-commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Seperti halnya e-mail (Electronic Mail) yang artinya sudah diketahui yaitu pengiriman surat secara elektronik. Dalam buku Introduction to Information Technology, e-commerce berarti perdagangan elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, layanan, atau informasi melalui jaringan computer, termasuk Internet (Turban, 2005:181).
e-commerce, merupakan kebutuhan esensial saat didalam dunia bisnis global dan penunjang pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, dapat menekan biaya, dan memberi akses yang lebih luas bagi partner dan pelanggan perusahaan anda.
e-commerce memiliki fleksibilitas dan keunikan bagi setiap perusahaan, karena perusahaan memiliki perbedaan dalam pengembangan IT departemennya serta kebutuhan akan model teknologi informasi dalam bisnisnya, Termasuk perusahaan anda. maka penerapan e-commerce tergantung pada model bisnis yang perusahaan anda kembangkan dan model teknologi informasi yang saat ini perusahaan anda kembangkan. Pengembangan e-commerce harus bisa fleksible dan bisa beradaptasi dengan software dan aplikasi teknologi yang ada di perusahaan anda.
e-commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.

Dampak positif dan negative E-commerce dan E-business
Dampak positif E-commerce dan E-business:
2. Revenue stream[aliran pendapatan] baru yang memungkinkan lebih tidak bisa ditemui di system transaksi tradisional
3. Dapat meningkatkan market exposure[pangsa pasar]
4. Menurunkan biaya operasional [operating cost]
5. Melebarkan jangkauan [global reach]
6. Meningkatkan customer loyality
7. Meningkatkan supplier management
8. Memperpendek waktu produksi
9. Meningkatkan value chain [mata rantai pendapatan]
Dampak negative e-commerce dan e-business
2. Kehilangan segi financial secara langsung karena kecurangan.
3. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang menyikap informasi rahasia kepada pihak yang tidak bertanggung jawab
4. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
5. Penggunaan akses dari sumber oleh pihak yang tidak berhak
6. kehilangan kepercayaan dari para konsumen, karena factor usaha yang di sengaja maupun tidak.
7. Kerugian yang tidak terduga, karena gangguan-gangguan yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak.

Sumber :
-          http://muthiamurdiani.blogspot.com/2009/12/definisi-e-business-dan-e-commerce.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar