E-business
E-business
adalah suatu kegiatan bisnis di dunia maya atau internet yang bukan saja
merupakan sebuah kegiatan pembelian ataupun penjualana, teyapi pelayanan
pelanggan ataupun kerja sama yang terjalin melalui situs internet.
Implementasi
aplikasi e-business bertujuan untuk mengefisiensikan dan mempercepat proses
I-xchange. I-xchange merupakan bisnis kolaborasi satu perusahaan ke perusahaan
yang lain melalui mata rantai informasi. Melalui aplikasi ini perusahaan dapat mengatur
portalnya dan mengirim informasi secara cepat dan tepat sehingga mempercepat
proses pengambilan keputusan, misalnya laporan keuangan perusahaan. Xchange
merupakan layanan yang menyediakan solusi aplikasi kolaborasi bisnis yang
meliputi enterprise reporting, portal, analytical application dan messaging.
Definisi
E-Business
Begitu
banyak definsi tentang e-bisiness yang terdapat dalam literatur dan internet.
Berikut ini adalah bebrapa di antaranya:
a. E-business meliputi semua hal yang harus di
lakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ICT untuk melakukan
kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid
L.Huff.dkk.2000. Cases in electronic Commerce, McGraw-Hill)
b. E-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan
yang aman, fleksibel dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang
berbeda dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi
bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
c. E-business adlah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet atau penggunaan teknologi
internet untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan dari suatu bisnis.
Berdasarkan
beberapa definisi e-business yang dikemukakan di atas, kita dapat
menggabungkannya ke dalam definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan
dari setiap definisi tersebut. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa
sudut pandang yaitu: pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang
digunakan, objek atau kegiatanyang menjadi sasaran, tujuannya dan keuntungan
yang diberikan. Hasilnbya adalah sebagai berikut:
a.
Pelaku E-business:
Organisasi,
konsumen, perusahaan, supplier, pekerja dan rekan bisnis
b.
Alat/Media/Sumber Daya yang digunakan
1.
Teknologi informasi dan komunikasi
2.
Komputer(data yang telah terkomputerisasi)
3.
Internet
c.
Kegiatan Sasaran
1. Kegiatan bisnis
2. Proses bisnis utama
3. Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
d.
Tujuan
1. Koordinasi, komunikasi dan pengelolaan
organisasi
2. Transformasi proses bisnis
3. Sharing informasi
e.
Keuntungan
1. Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
2. memberikan nilai bisnis yang berbeda
3. Efisien
4. Peningkatan produktivitas dan keuntungan
MANFAAT
e-business
Tujuan
implementasi e-business adalah mendukung efisiensi dan integritas pengolahan
data sumber daya manusia, keuangan, supply chain management / Logistic
management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi
bagi public dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, system ini
dapat diakses di mana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat
implementasi e-Business adalah :
§ Meningkatkan kerja operasional perusahaan,
§ Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan
pendanaan yang sangat luas.
§ Meningkatkan efisiensi perusahaan
§ Mempermudah pengelolaan asset perusahaan
§ Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan
§ Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
§ Mengatasi kesenjangan digital
§ Media mempromosikan kompetensi perusahaan
§ Memperlancar kegiatan ekonomi
§ Memperlancar transaksi bisnis
§ Sarana penyebaran informasi secara luas Dll.
Konsep
E-commerce
E-commerce
merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang
dilakukan secara elektronik. Seperti halnya e-mail (Electronic Mail) yang
artinya sudah diketahui yaitu pengiriman surat secara elektronik. Dalam buku
Introduction to Information Technology, e-commerce berarti perdagangan
elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran
produk, layanan, atau informasi melalui jaringan computer, termasuk Internet
(Turban, 2005:181).
e-commerce, merupakan kebutuhan esensial saat
didalam dunia bisnis global dan penunjang pengembangan pasar, meningkatkan
efisiensi, dapat menekan biaya, dan memberi akses yang lebih luas bagi partner
dan pelanggan perusahaan anda.
e-commerce memiliki fleksibilitas dan keunikan bagi
setiap perusahaan, karena perusahaan memiliki perbedaan dalam pengembangan IT
departemennya serta kebutuhan akan model teknologi informasi dalam bisnisnya,
Termasuk perusahaan anda. maka penerapan e-commerce tergantung pada model
bisnis yang perusahaan anda kembangkan dan model teknologi informasi yang saat
ini perusahaan anda kembangkan. Pengembangan e-commerce harus bisa fleksible
dan bisa beradaptasi dengan software dan aplikasi teknologi yang ada di
perusahaan anda.
e-commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas
dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di
perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya
integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce
harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam
bertransaksi.
Dampak
positif dan negative E-commerce dan E-business
Dampak
positif E-commerce dan E-business:
2. Revenue stream[aliran pendapatan] baru yang
memungkinkan lebih tidak bisa ditemui di system transaksi tradisional
3. Dapat meningkatkan market exposure[pangsa pasar]
4. Menurunkan biaya operasional [operating cost]
5. Melebarkan jangkauan [global reach]
6. Meningkatkan customer loyality
7. Meningkatkan supplier management
8. Memperpendek waktu produksi
9. Meningkatkan value chain [mata rantai
pendapatan]
Dampak
negative e-commerce dan e-business
2. Kehilangan segi financial secara langsung karena
kecurangan.
3. Pencurian informasi rahasia yang berharga.
Gangguan yang menyikap informasi rahasia kepada pihak yang tidak bertanggung
jawab
4. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan
5. Penggunaan akses dari sumber oleh pihak yang
tidak berhak
6. kehilangan kepercayaan dari para konsumen,
karena factor usaha yang di sengaja maupun tidak.
7. Kerugian yang tidak terduga, karena
gangguan-gangguan yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak.
Sumber :
-
http://muthiamurdiani.blogspot.com/2009/12/definisi-e-business-dan-e-commerce.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar