Kamis, 08 Maret 2012

Shooting Game

Ini adalah tugas pertama softskill di semester 6, dan sebelum membahas tentang Shooting Game , terlebih dahulu akan dibahas mengenai apa itu Game dan jenis-jenisnya.. enjoy

Apa itu Game ?

Game jika diteerjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah permainan. Zaman sekarang siapa yang tidak suka bermain game , dari anak kecil hingga orang dewasa suka bermain game. terdapat beberapa pengertian game menurut para ahli:

o Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer mengemukakan bahwa game , pada intinya adalah sebuah interaktif aktivitas yang berpusat pada suatu pencapaian.

o Menurut David Parlett, Game adalah sesuatu yang memiliki “akhir dan cara mencapainya”, artinya ada tujuan yang harus dicapai ketika bermain sebuah game.

Jadi, game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan hiburan. Pengertian game bisa dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Game Online

Adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Contoh game online yaitu :

a. First Person Shooter (FPS), merupakan game yang mengambil pandangan orang pertama pada gamenya.

b. Real-Time Streategy, merupakan game yang permainannya menekankan pada kehebatan strategi pemainnya.

2. Game Offline

Adalah game tanpa menggunakan jaringan internet sehingga game tersebut tidak dapat dimainkan secara bebas oleh siapapun. Contoh game offline, yaitu :

a) Playstation

b) Sega

c) Nitendo, dll.

Apa itu Shooting Game ?

Jenis game menurut genre-nya yaitu, Shooting Game. shooting game adalah sebuah permainan tembak-tembakan atau hajar-hajaran, atau tusuk-tusukkan, atau tergantung cerita dari permainan tersebut. Untuk memainkan shooting game ini diperlukan kecepatan refleks , koordinasi mata dan tangan, juga timing. Inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak, dan tembak. Termasuk didalamnya:

1) First person shooting, contohnya Counter Strike dan Call of Duty

2) Drive n’ shoot, menggunakan unsure simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama yaitu menembak.

3) Shoot em’ up, seperti Raiden dan gradius.

4) Beat em’ up (tonjok hajar), seperti Double Dragon dan Final Fight

Apa Contoh Shooting Game?

Contoh game shooting banyak sekali, tapi yang terkenal, yaitu :

A. Counter Strike

Counter Strike dikenalkan pertama kali pada tahun 1999 oleh Valve, dan menjadi game First Person Shooter dengan tema peperangan antara Counter-Terorist dengan Terrorist.

A. Point Blank

Point Blank merupakan game taktis perang yang dikembangkan oleh Zepetto dan dipublikasikan oleg NCsoft. Diedarkan di South Korea, Thailand, Indonesia, dan Russia. Hampir sama dengan gem taktis lainnya. Game ini bukan gem perang antar kapal seperti USS Rhode Island (BB-17) sebagai kapal perang dari jenis Virginia-class battleship yang dimiliki oleh United States Navy. Game ini adalah perang orang per orang atau kelompok.

Sumber Pustaka :

o http://joey-amel.blogspot.com/2010/04/pengertian-teknologi-game.html

o http://arif-novendi.blogspot.com/2011/04/shooting-game.html

o http://triatraye.blogspot.com/2012/03/jenis-game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar