Kamis, 08 Maret 2012

Metode Animasi Bilbliting




Game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan


Animasi dapat dibuat dengan tiga teknik berbeda, yaitu Image, Xoring serta make. Dan dalam pergerakannya dapat bertipe object sprite atau object frame. Juga bisa dibedakan atas metode animasi yang digunakan antara animasi frame, bibliting dan realtime. Walaupun terbagi atas berbagai definisi berbeda, tapi dalam prakteknya teori-teori tersebut dapat digabungkan atau saling berhubungan sehingga tidak murni dipakai sendiri.

Metode Animasi BitBlt adalah metode animasi yang biasanya disebut sprite animation, array animation, blocked animation, partial screen animation, snapshot animation atau arcade animation. Prinsip dari metode ini adalah menyimpan image dan memainkan animasinya dalam bentuk satu atau bebera sprite kecil. BitBlt ini digunakan untuk membuat program permainan dan program berbasis grafis terutama dalam membuat animasi sederhana.

Bitblt(Bit Block Transfer) adalah fungsi bagian Windows API (Application Programming Interface) yang secara cepat meng-copy bitmap(gambar) dari suatu hDc(handle device context) seperti picture box, ke hDc yang lain. Fungsi ini banyak digunakan untuk menghasilkan animasi yang cepat dan halus.

Sumber pustaka :

http://iyanrisdoo.wordpress.com/2011/02/15/teknik-teknik-pada-animasi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar