1. Grafik komputer
Contoh grafik komputer :
a. Animasi
b. Permainan
c. Kedokteran
d. Simulasi Ilmiah
e. Simulator
f. Virtual Reality
Konteksnya : model à citra
Model + persamaan metematika = citra
Citra+suara/sentuhan/warna = grafik komputer
Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan memanipulasi model dan citra model yang berasal dari beberapa bidang, seperti fisik, metematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
Pembahasan lebih luas dari grafik komputer :
a) Dari suatu model diciptakan suatu citra baru yang lebih dramatis
b) Menghidupkan suatu model melalui suatu alur cerita
c) Menampilkan kembali model tersebut secara lebih bak.
Tahapan umum dalam pemrosesan gafik komputer :
a. Menangkap model
b. Menghitung dan mengkomputasi model terseut hingga menjadi citra
c. Menampilkan citra
Elemen-elemen grafik komputer :
1) Shape/bentuk
2) Posisi
3) Volumetrik
4) Kontur
5) Warna
6) Orientasi (cara pandang)
7) Surface properti
8) Tekstur
9) Cahaya
10)Bayangan, dll.
Pemodelan geometris adalah menciptakan model matematik dari obyek 2 dimensi dan 3 dimensi. Dari suatu konsep diobservasi ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer. Contoh permodelan geometris adalah suatu bentuk bola diuraikan pada koordinat ruang dan suatu bentuk segi banyak dalam daftar koordinat puncak.
Rendering adalah citra yang pada awalnya berbentuk jaring atau jala atau 2 dimensi menjadi model yang lebih solid dengan memberikan efek cahaya, bayangan, dan yang lainnya.
Animasi adalah menampilkan kembali obyek tergantung animasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar