Senin, 28 Maret 2011

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

1. Grafik komputer

Contoh grafik komputer :

a. Animasi

b. Permainan

c. Kedokteran

d. Simulasi Ilmiah

e. Simulator

f. Virtual Reality

Konteksnya : model à citra

Model + persamaan metematika = citra

Citra+suara/sentuhan/warna = grafik komputer

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan memanipulasi model dan citra model yang berasal dari beberapa bidang, seperti fisik, metematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

Pembahasan lebih luas dari grafik komputer :

a) Dari suatu model diciptakan suatu citra baru yang lebih dramatis

b) Menghidupkan suatu model melalui suatu alur cerita

c) Menampilkan kembali model tersebut secara lebih bak.

Tahapan umum dalam pemrosesan gafik komputer :

a. Menangkap model

b. Menghitung dan mengkomputasi model terseut hingga menjadi citra

c. Menampilkan citra

Elemen-elemen grafik komputer :

1) Shape/bentuk

2) Posisi

3) Volumetrik

4) Kontur

5) Warna

6) Orientasi (cara pandang)

7) Surface properti

8) Tekstur

9) Cahaya

10)Bayangan, dll.

Pemodelan geometris adalah menciptakan model matematik dari obyek 2 dimensi dan 3 dimensi. Dari suatu konsep diobservasi ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer. Contoh permodelan geometris adalah suatu bentuk bola diuraikan pada koordinat ruang dan suatu bentuk segi banyak dalam daftar koordinat puncak.

Rendering adalah citra yang pada awalnya berbentuk jaring atau jala atau 2 dimensi menjadi model yang lebih solid dengan memberikan efek cahaya, bayangan, dan yang lainnya.

Animasi adalah menampilkan kembali obyek tergantung animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar