Sabtu, 11 Mei 2013

Jurnal Aplikasi Pembelajaran Tenses berbasis Android 2.2


ABSTRAKSI

PEMBUATAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN TENSES BERBASIS ANDROID 2.2 MENGGUNAKAN JAVA
Kata Kunci : aplikasi mobile, android, java, belajar tenses, xml

Di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya. Efisiensi teknologi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan informasi. Aplikasi mobile merupakan sebuah aplikasi yang efisien, karena pengguna bisa mencari informasi dimana saja dan kapan saja, termasuk informasi mengenai bahasa Inggris.  Masalah terbesar masyarakat dalam belajar bahasa Inggris adalah grammar, khususnya tenses. Dalam penulisan ini, penulis membuat sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengguna dalam mengingat dan mengerti rumus-rumus tenses yang ada dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan perangkat mobile berbasis Android. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat diharapkan dapat lebih menguasai tenses. Dalam penulisan ini dibahas bagaimana cara membuat aplikasi ini dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML mulai dari pembuatan rancangan tampilan hingga penulisan coding program.


Daftar pustaka (2010 - 2012)



1.1.            Latar Belakang 
Di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya. Efisiensi teknologi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan informasi. Keadaan tersebut membuat para pembuat aplikasi berlomba-lomba menciptakan sebuah aplikasi yang berguna dan berbasis mobile.
Aplikasi berbasis mobile merupakan aplikasi yang praktis atau mudah dibawa-bawa karena dijalankan di telepon seluler. Dengan adanya fitur-fitur yang tidak lagi standar seperti pesan suara dan SMS (Send Message Service) semata, menyebabkan pertumbuhan pengguna smartphone semakin meningkat dengan sangat pesat. Dengan aplikasi mobile pengguna bisa mencari informasi dimana saja dan kapan saja, termasuk informasi mengenai bahasa Inggris.  
Masalah terbesar masyarakat dalam belajar bahasa Inggris adalah grammar, khususnya tenses. Tenses adalah bentuk-bentuk waktu dalam bahasa Inggris terutama dalam hubungannya dengan kata kerja dan kata kerja bantu. Pembelajaran dapat dipelajari dengan mudah dalam berbagai media, seperti buku, compact disk (CD), internet, dan lain-lain. Telepon seluler dapat dijadikan sebagai media alternatif lain untuk memperoleh pembelajaran mengenai tenses bahasa Inggris. Dengan adanya aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, tentunya akan sangat membantu bagi masyarakat ataupun kalangan pelajar yang ingin belajar tenses. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk merancang aplikasi mobile sederhana yang akan membantu masyarakat dalam belajar bahasa Inggris terutama tenses. Aplikasi tersebut berjudul “Aplikasi Mobile Pembelajaran Tenses Berbasis Android 2.2 Menggunakan Java

1.1.            Metode Penelitian
Metode penelitian digunakan penulis untuk mempermudah dalam penulisan. Metode penulisan yang digunakan adalah :
1.         Studi pustaka
Pada tahap ini penulis menentukan aplikasi yang akan dibuat dan melakukan studi pustaka seperti mencari informasi tentang materi yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi baik dari buku ataupun browsing melalui internet.
2.         Studi lapangan
a.       Pengumpulan data
Pada tahap ini penulis mengumpulkan data yang diperlukan untuk merancang aplikasi ini dengan cara mendownload, memodifikasi gambar, serta kuesioner untuk mencari tahu apakah aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah serta bermanfaat bagi pengguna. Metode perancangan aplikasi
Gambar 1.1 SDLC dengan waterfall model
Penjelasan dari tahap-tahap waterfall model adalah sebagai berikut:
1.      Perancangan sistem (system Enginering)
Perencanaan sistem dibuat untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi. Dalam tahapan ini, ditentukan proses apa saja yang akan dilakukan sistem saat dijalankan.
2.      Analisis Sistem
Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data terhadap apilkasi yang akan dibuat. Dengan cara memahami dasar dari program yang akan dibuat, diantaranya mengetahui ruang lingkup informasi, fungsi-fungsi yang dibutuhkan, dan perancangan antarmuka pemakai aplikasi.
3.      Desain atau Perancangan Sistem
Pada tahap ini, penulis merancang tampilan aplikasi dan alur program yang akan dibuat.
4.      Pengkodingan Program
Tahap ini adalah penerapan koding untuk pembuatan aplikasi. Pada aplikasi ini penulis mengimplementasikannya dalam bahasa  pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi, yaitu Java dan XML.
5.      Uji coba dan implementasi
Pengujian merupakan tahapan terakhir. Aplikasi yang dibuat diuji coba pada perangkat mobile bertipe Android untuk melihat bug yang terdapat pada tahap implementasi.
b.      Perangkat lunak atau keras yang digunakan untuk merancang aplikasi
Pembuatan aplikasi ini, perangkat keras yang digunakan oleh penulis adalah :
1.        Intel® Core(TM)2 Duo CPU@2.10GHz
2.        Kapasitas RAM sebesar 2 GB.
3.        Harddisk 320 GB
Untuk spesifikasi perangkat lunak yang digunakan oleh penulis adalah :
1.        Microsoft Windows 7 Ultimate Red Edition
2.        Paket instalasi Android SDK dan AVD Manager
3.        JavaTM 2 SDK, Standart Edtion Version 1.6.0_18.
4.        Eclipse Galileo
Sedangkan spesifikasi perangkat mobile yang digunakan oleh penulis untuk uji coba sebagai berikut:
1.        Android Emulator pada  dekstop.
2.        Handphone berbasis Android, yaitu :
a)      Sony Ericson Live Music WT19i
-          Android Gingerbread versi 2.3.44
-          Processor 1Ghz
-          512MbRAM
-          CPU Ghz Scorpion processor
b)      Samsung Galaxy Young
-          TFT capasitive touchscreen
-          Android OS v2.3.6
-          Processor 190MB
-          RAM 290MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar