ABSTRAKSI
PEMBUATAN
APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN TENSES BERBASIS ANDROID 2.2 MENGGUNAKAN JAVA
Kata
Kunci : aplikasi mobile, android, java, belajar tenses, xml
Di era globalisasi, perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya. Efisiensi
teknologi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya
melalui kecepatan dan ketepatan informasi. Aplikasi mobile merupakan sebuah aplikasi yang efisien, karena pengguna bisa
mencari informasi dimana saja dan kapan saja, termasuk informasi mengenai
bahasa Inggris. Masalah terbesar
masyarakat dalam belajar bahasa Inggris adalah grammar, khususnya tenses. Dalam
penulisan ini, penulis membuat sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengguna
dalam mengingat dan mengerti rumus-rumus tenses
yang ada dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan perangkat mobile
berbasis Android. Dengan
adanya aplikasi ini, masyarakat diharapkan dapat lebih menguasai tenses. Dalam penulisan ini dibahas
bagaimana cara membuat aplikasi ini dengan menggunakan bahasa pemrograman Java
dan XML mulai dari pembuatan rancangan tampilan hingga penulisan coding program.
Daftar
pustaka (2010 - 2012)
1.1.
Latar Belakang
Di
era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah
menunjukkan jati dirinya. Efisiensi teknologi dalam berbagai bidang, khususnya
dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan
informasi. Keadaan tersebut membuat para pembuat aplikasi berlomba-lomba
menciptakan sebuah aplikasi yang berguna dan berbasis mobile.
Aplikasi
berbasis mobile merupakan aplikasi
yang praktis atau mudah dibawa-bawa karena dijalankan di telepon seluler. Dengan
adanya fitur-fitur yang tidak lagi standar seperti pesan suara dan SMS (Send Message Service) semata, menyebabkan pertumbuhan pengguna smartphone semakin meningkat dengan
sangat pesat. Dengan aplikasi mobile pengguna
bisa mencari informasi dimana saja dan kapan saja, termasuk informasi mengenai
bahasa Inggris.
Masalah
terbesar masyarakat dalam belajar bahasa Inggris adalah grammar, khususnya tenses.
Tenses adalah bentuk-bentuk waktu
dalam bahasa Inggris terutama dalam hubungannya dengan kata kerja dan kata
kerja bantu. Pembelajaran dapat dipelajari dengan mudah dalam berbagai media,
seperti buku, compact disk (CD),
internet, dan lain-lain. Telepon seluler dapat dijadikan sebagai media
alternatif lain untuk memperoleh pembelajaran mengenai tenses bahasa Inggris. Dengan adanya aplikasi yang dapat digunakan
sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, tentunya akan sangat membantu bagi
masyarakat ataupun kalangan pelajar yang ingin belajar tenses. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk merancang aplikasi
mobile sederhana yang akan membantu
masyarakat dalam belajar bahasa Inggris terutama tenses. Aplikasi tersebut berjudul “Aplikasi Mobile Pembelajaran
Tenses Berbasis Android 2.2 Menggunakan Java”
1.1.
Metode Penelitian
Metode
penelitian digunakan penulis untuk mempermudah dalam penulisan. Metode
penulisan yang digunakan adalah :
1.
Studi pustaka
Pada tahap ini penulis
menentukan aplikasi yang akan dibuat dan melakukan studi pustaka seperti
mencari informasi tentang materi yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi
baik dari buku ataupun browsing
melalui internet.
2.
Studi lapangan
a. Pengumpulan data
Pada tahap ini penulis mengumpulkan data yang diperlukan
untuk merancang aplikasi ini dengan cara mendownload, memodifikasi gambar, serta kuesioner untuk mencari tahu apakah aplikasi ini
dapat digunakan dengan mudah serta bermanfaat bagi pengguna. Metode perancangan
aplikasi
Gambar 1.1 SDLC dengan waterfall model
Penjelasan dari tahap-tahap waterfall model adalah sebagai berikut:
1.
Perancangan sistem (system Enginering)
Perencanaan sistem dibuat untuk mempermudah dalam
pembuatan aplikasi. Dalam tahapan ini, ditentukan proses apa saja yang akan
dilakukan sistem saat dijalankan.
2.
Analisis
Sistem
Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data
terhadap apilkasi yang akan dibuat. Dengan cara memahami dasar dari program
yang akan dibuat, diantaranya mengetahui ruang lingkup informasi, fungsi-fungsi yang dibutuhkan, dan perancangan
antarmuka pemakai aplikasi.
3.
Desain atau
Perancangan Sistem
Pada tahap ini, penulis merancang tampilan aplikasi
dan alur program yang akan dibuat.
4.
Pengkodingan
Program
Tahap ini adalah penerapan koding untuk
pembuatan aplikasi. Pada aplikasi ini penulis
mengimplementasikannya dalam bahasa
pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi, yaitu Java dan XML.
5.
Uji coba
dan implementasi
Pengujian merupakan
tahapan terakhir. Aplikasi yang dibuat diuji coba pada perangkat mobile bertipe Android untuk melihat bug
yang terdapat pada tahap implementasi.
b. Perangkat
lunak atau keras yang digunakan untuk merancang aplikasi
Pembuatan aplikasi ini, perangkat keras yang
digunakan oleh penulis adalah :
2.
Kapasitas RAM sebesar 2 GB.
3.
Harddisk 320 GB
Untuk spesifikasi perangkat lunak
yang digunakan oleh penulis adalah :
1.
Microsoft Windows 7 Ultimate Red Edition
2.
Paket instalasi Android SDK dan AVD
Manager
3.
JavaTM 2 SDK, Standart Edtion Version 1.6.0_18.
4.
Eclipse Galileo
Sedangkan
spesifikasi perangkat mobile yang
digunakan oleh penulis untuk uji coba sebagai berikut:
1.
Android
Emulator pada dekstop.
2.
Handphone
berbasis Android, yaitu
:
a) Sony
Ericson Live Music WT19i
-
Android Gingerbread versi 2.3.44
-
Processor 1Ghz
-
512MbRAM
-
CPU Ghz Scorpion processor
b) Samsung
Galaxy Young
-
TFT capasitive touchscreen
-
Android OS v2.3.6
-
Processor 190MB
-
RAM 290MB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar